Archive for Mei 2011

Mengenal C# Part 2 (Reserverd Word)

Sabtu, 28 Mei 2011
Posted by Unknown
C# mempunyai kata-kata tercadang (Reserved Word) yang jumlahnya relatif lebih banyak daripada bahasa pemrograman umum lainnya, berikut ini adalah tabel kata-kata tercadang yang dimiliki oleh C#.

C# keywords, reserved words

abstract

as

base

bool

break

by 2

byte

case

catch

char

checked

class

const

continue

decimal

default

delegate

do

double

descending 2

explicit

event

extern

else

enum

false

finally

fixed

float

for

foreach

from 2

goto

group 2

if

implicit

in

int

interface

internal

into 2

is

lock

long

new

null

namespace

object

operator

out

override

orderby 2

params

private

protected

public

readonly

ref

return

switch

struct

sbyte

sealed

short

sizeof

stackalloc

static

string

select 2

this

throw

true

try

typeof

uint

ulong

unchecked

unsafe

ushort

using

var 2

virtual

volatile

void

while

where 2

yield 1

 

1, 2 These are not actually keywords, thus (unlike actual keywords) it is possible to define variables and types using these names, but they act like keywords in certain new language constructs introduced in C# 2.0(1) and 3.0(2).


Berlanjut  ke posting berikutnya :

Mari mengenal C#

Senin, 23 Mei 2011
Posted by Unknown
Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya (Ilmukomputer.com)

Tidak ada bosannya saya mengguakan moto tersebut yang dimiliki Ilmukomputer.com untuk memotivasi mencari, menggali, menyerap, mengamalkan dan menyebarkan kembali ilmu yang ada. Kali ini saya ingin menyesuaikan dengan materi perkuliahan yang sedang saya ikuti yaitu Konsep Bahasa Pemrograman dengan menggunakan tool Microsoft C# (baca C Sharp).
C# merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.
      Pada akhir dekade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM). Akan tetapi, akibat masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, Microsoft pun menghentikan pengembangan J++, dan beralih untuk membuat pengganti J++, kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose. Untuk menangani proyek ini, Microsoft merekrut Anders Helsberg, yang merupakan mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, yang juga mendesain Windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan di dalam J++. Sebagai hasil dari usaha tersebut, C# pun pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan di dalam platform Microsoft .NET Framework.
     Pengalaman Helsberg sebelumnya dalam pendesain bahasa pemrograman seperti Visual J++, Delphi, Turbo Pascal dengan mudah dilihat dalam sintaksis bahasa C#, begitu pula halnya pada inti Common Language Runtime (CLR). Dari kutipan atas interview dan makalah-makalah teknisnya ia menyebutkan kelemahan-kelemahan yang terdapat pada bahasa pemrograman yang umum digunakan saat ini, misalnya C++, Java, Delphi, ataupun Smalltalk. Kelemahan-kelemahan yang dikemukakannya itu yang menjadi basis CLR sebagai bentukan baru yang menutupi kelemahan-kelemahan tersebut, dan pada akhirnya memengaruhi desain pada bahasa C# itu sendiri. Ada kritik yang menyatakan C# sebagai bahasa yang berbagi akar dari bahasa-bahasa pemrograman lain. Fitur-fitur yang diambilnya dari bahasa C++ dan Java adalah desain berorientasi objek, seperti garbage collection, reflection, akar kelas (root class), dan juga penyederhanaan terhadap pewarisan jamak (multiple inheritance). Fitur-fitur tersebut di dalam C# kini telah diaplikasikan terhadap iterasi, properti, kejadian (event), metadata, dan konversi antara tipe-tipe sederhana dan juga objek.
     C# didisain untuk memenuhi kebutuhan akan sintaksis C++ yang lebih ringkas dan Rapid Application Development yang 'tanpa batas' (dibandingkan dengan RAD yang 'terbatas' seperti yang terdapat pada Delphi dan Visual Basic).
     Agar mampu mempromosikan penggunaan besar-besaran dari bahasa C#, Microsoft, dengan dukungan dari Intel Corporation dan Hewlett-Packard, mencoba mengajukan standardisasi terhadap bahasa C#. Akhirnya, pada bulan Desember 2001, standar pertama pun diterima oleh European Computer Manufacturers Association atau Ecma International (ECMA), dengan nomor standar ECMA-334. Pada Desember 2002, standar kedua pun diadopsi oleh ECMA, dan tiga bulan kemudian diterima oleh International Organization for Standardization (ISO), dengan nomor standar ISO/IEC 23270:2006.
Contoh "Hello World" menggunakan C# seperti berikut ini:

using System;
class ExampleClass
{
static void Main()
{
Console.WriteLine("Hello, world!");
}
}


Untuk artikel selanjutnya bersambung (udah ngantuk nih)...


Sumber: http://id.wikibooks.org/wiki/Belajar_Bahasa_C_sharp dan http://en.wikipedia.org/wiki/C_Sharp_(programming_language)

Konco Blog

Pengikut

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © Gudang Ilmu dan Pemikiran -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -